Review Lagu Spring Day BTS

Salam sahabat hijau sekalian


WARNING!
Ini merupakan postingan tentang KPOP pertama gue di blog radarhijau.

Kalian tau BTS? Bangtan Boys! Boyband korea yang lagi hits-hitsnya. Sejujurnya gue gak terlalu suka sama namanya boyband kecuali BIGBANG, but entah kenapa lagu-lagu BTS perlu banget gue apresiasi dan wajib jadi playlist di gadget gw.

Okay, singkat cerita. Jadi awalnya dari rasa penasaran yang begitu mendalam, gw coba cari terjemahan dari lirik BTS - Spring Day. Dan akhirnya nemu di blog mbbyks.com.

Setelah gue baca ulang-ulang sembari merhatiin setiap scene yang ada di Music Videonya. GILA!!! menurut gue ini yang bikin lirik da bes bgt, yang gue tangkap dari lagu ini adalah "Ketakrelaan seseorang ditinggalkan sahabatnya yang pergi jauh" ini cocok banget lagu buat galau karena perpisahan atau kelulusan sekolah guys (jadi inget pas dulu temen2 pada nangis di momen perpisahan sekolah 😊). *perpisahan dgn mantan juga boleh
*MV nya juga detail bgt!

Yuk langsung aja kita kupas bareng-bareng (buah kali ah_)

Bogo sipda ireohge
Ketika aku mengatakan bahwa aku ingin bertemu denganmu
Malhanikka deo bogo sipda
Aku semakin ingin bertemu denganmu
Neohui sajineul
Ketika aku melihat foto-fotomu
Bogo isseodo bogo sipda
Aku ingin melihatmu juga
Neomu yasokhan sigan
Waktu begitu kejam
Naneun uriga mipda
Aku benci kita
Ijen eolgul han beon boneun geosdo
Sekarang bertemu saja sangat sulit
Himdeureojin uriga
Meskipun hanya sekali


1

2

3

Berdasarkan lirik sudah jelas bung... bagaimana rasanya memendam rasa kangen yang teramat dalam. Pengen ketemu tapi gak bisa, walaupun hanya sekali. Coba deh buka lagi album kenangan atau buku tahunan sekolah lu sambil dengerin ini lagu. Dan terkadang keadaan seperti ini malah buat kita jadi nyalahin keadaan, kenapa harus ada pertemuan jika pada akhirnya ada sebuah perpisahan.. ðŸ˜Ē

Di MV terlihat si cowo rambut cokelat (sorry gw gk hapal namanya, tau si RAP monster doang.. miane) dia sedang menempelkan telinga di rel kereta, what!? ngapain coba, eits... menurut gue itu hal yang wajar, dia mencoba mendekatkan diri dengan masalalu (kenangan). Tau teori memori sensorik? iyap, teori memori yang melibatkan indera kita (mata, hidung, kulit, bahkan lidah) kalo mau tau lebih infonya kuy klik PSIKOLOGI MEMORI. Okay lanjut.. dan akhirnya si cowo rambut cokelat jatuh dalam memori saat dia ada di kereta. Dan di Scene selanjutnya ada si rambut putih lagi duduk sendiri di sisi pantai, so ini juga termasuk usaha mengingat kenangan via visual.

Yeogin ontong gyeoul ppuniya
Disini sudah musim dingin
woredo gyeouri wa
Agustus juga masih musim dingin
Maeumeun siganeul dallyeogane
Hati mengikuti waktu
Hollo nameun seolgugyeolcha
Gerbong kereta Snowpiercer
Ni son japgo jigu
Aku ingin menggenggam tanganmu dan
Bandaepyeonkkaji ga
Membawamu ke belahan bumi lainnya
Gyeoureul kkeutnaegopa
Dan mengakhiri musim dingin ini
Geuriumdeuri
Berapa kali aku harus kehilanganmu
Eolmana nuncheoreom naeryeoya
Berapa lama harus jatuh seperti salju
Geu bomnari olkka
Untuk menunggu datangnya musim semi


4

5

6

Musim dingin, identik dengan suasana rindu dan kegalauan rupanya ya.... Hmmp.. dan yang membuat saya takjup adalah si penulis lirik yang menghubungan film Snowpiercer dengan lagu ini (pas search di google penulisnya adalah jeng jeng....)
Ide yang sangat bagus mengaitkan cerita di film Snowpiercer dengan lagu ini. Sedikit informasi bahwa film Snowpiercer itu sendiri merupakan film yang menceritakan kegagalan iptek yang mengakibatkan suhu bumi menjadi sangat dingin, dan akhirnya manusia yang tersisa di bumi bertahan hidup berpuluh-puluh tahun di dalam kereta yang terus melaju di bumi. Info selengkapnya Snowpiercer
Balik lagi ke liriknya, nah bak seperti gerbong kereta Snowpiercer yang penuh dengan unsur cekaman, perang, dan sebagainya (lebih tepatnya ini mah perang perasaan) kita mencoba untuk lari ke sisi lain, sisi dimana ada suatu titik kebahagiaan (pertemuan). Waktu terus berlalu, makin rindu dah... "Jatuh seperti Salju" rapuh guys......

Kalo dilihat dari MV, di sana sudah mulai melihatkan visual butiran salju yang jatuh, suasana gerbong kereta, dan masih tetap ada si cowo rambut cokelat yang masih galau.

Satu yang membuat MV ini penuh dengan ke-detail an. Kata "Omelas", yang buat gue penasaran dengan apa istimewanya kata "Omelas" (kaya merek susu ya.. Om*la). Jadi Omelas adalah sebuah tempat berasal dari cerita pendek yang ditulis oleh Ursula K LeGuin. Bercerita tentang pengunjung yang mendatangi sebuah kota, melihat festival musim panas di sana dan menggambarkan beberapa orang yang meninggalkan kota tersebut. Ceritanya sangat bagus dan penuh dengan deskripsi tentang kota yang semua orangnya bergembira dan bahagia. Namun rahasia dari kebahagian tersebut adalah adanya seorang anak yang dikunci di sebuah tempat yang kotor dan penuh dengan penderitaan. Orang-orang mengetahuinya ketika mereka sudah dewasa dan hampir semua mengakuinya, mengetahui bahwa tidak ada kebahagian jika tidak ada penderitaan (ini tega banget masa), tapi beberapa orang memilih untuk meninggalkan kota tersebut. Nah orang itu disebut dengan "The Ones Who Walk Away From Omelas" sumber: BTS Indonesia

Friend
Teman
Heogongeul tteodoneun
Jika aku salju
Jageun meonjicheoreom
Seperti setitik debu
Jageun meonjicheoreom
Seperti setitik debu
Nallineun nuni naramyeon
Terbang di udara
Jogeum deo ppalli nege
Aku bisa menggapaimu
Daheul su isseul tende
Sedikit lebih cepat

Nunkkochi tteoreojyeoyo
Kepingan salju jatuh
Tto jogeumssik meoreojyeoyo
Jatuh sedikit lebih jauh
Bogo sipda
Aku ingin melihatmu
Bogo sipda
Aku ingin melihatmu
Bogo sipda
Aku ingin melihatmu
Bogo sipda
Aku ingin melihatmu
Eolmana gidaryeoya
Berapa lama aku harus menunggu
Tto myeot bameul deo saewoya
Berapa banyak malam aku harus terus terjaga
Neol boge doelkka
Untuk melihatmu
Neol boge doelkka
Untuk melihatmu
Mannage doelkka
Uutuk bertemu denganu
Neol boge doelkka
Untuk bertemu denganmu

7

8

9

10

11

12

13

14


Si penulis mengibaratkan bahwa dirinya adalah sebuah salju dan setitik debu. Kedua benda tersebut memang sangat ringan dan mudah sekali terbawa angin, dan itulah yang diharapkan. Mudah melesat pergi sampai ke suatu tempat dimana orang yang dicari dan dirindukan itu ada.

MV mulai klimaks dan penuh akan scene yang luar biasa nih guys... Berawal dari no. 7 sampai no. 9 terlihat si abang RAP Monster memasuki kenangan bersama teman-temannya saat diberi sebuah kejutan ulang tahu. Scene ini sengaja di berikan effect slow motion agar terkesan bahwa itu adalah sebuah memori yang sangat indah untuk terlewatkan.

Awalnya sih gue sedikit tak mengerti dengan gambar no.10. Tapi menurut kacamata gue sih ini menunjukan bahwa si abang itu lagi membidik masa-masa kenangan bersama teman-temannya.

Gambar No. 11 entah kenapa gue salah fokus ke tulisan yang ada di komedi putar. Tulisan yang nyaris luntur itu bertuliskan "You Never Walk Alone". Sutradara MV nya sangat pintar...

Lanjut ke scene lainnya yaitu no. 12 sampai no 14 terlihat masih sama dengan scene-scene sebelumnya, menampilkan sebuah kegalauan namun dengan latar tempat yang berbeda.

Chuun gyeoul kkeuteul jina
Lewati musim dingin
Dasi bomnari ol ttaekkaji
Sampai musim semi datang kembali
Kkot piul ttaekkaji
Sampai bunga-bunga mekar
Geugose jom deo meomulleojwo
Akankah kau tinggal disana lebih lama
Meomulleojwo
Akankah kau tinggal
Niga byeonhan geonji
Aku tak tahu apakah kau telah berubah
Animyeon naega byeonhan geonji
Ataukah aku yang telah berubah
I sungan heureuneun siganjocha miwo
Aku benci waktu berlalu
Uriga byeonhan geoji mwo
Sepetinya kita telah berubah
Moduga geureon geoji mwo
Ya seperti itulah
Geurae mipda niga
Ya aku membencimu
Neon tteonajiman
Kau telah pergi, tapi
Dan harudo neoreul
Tak sehari pun
Ijeun jeogi eopseoji nan
Aku lupa tentangmu
Soljikhi bogo sipeunde
Jujur, aku ingin melihatmu
Iman neoreul jiulge
Tapi kini aku akan melupakanmu
Geuge neol wonmanghagibodan
Karena itu tak lebih menyakitkan
Deol apeunikka
Dari membencimu


15

16

17

Jika dilihat dari segi lirik, sudah teramat sangat jelas malah.. (terimakasih mbbyks.com atas terjemahannya). Mungkin kita langsung review bagian MV nya saja.


Di No. 15 terlihat si abang baju biru lagi nge-laundry pakaian. Mesin cuci mulai berputar. Dan.. Boom!! Bombayah! gile itu baju atau tumpukan sampah bantar gebang ya wkk. Di No. 17 kalian bakal liat tumpukan baju segunung. Nah konotasi dari tumpukan baju itu adalah lamanya waktu yang berlalu (Bayangin sebanyak itu, berarti banyak waktu yang terlewati dalam momen nge-laundry si babang baju biru tersebut.. sampai-sampai hasil laundry annya menumpuk 😁).



Sirin neol bureonae bonda
Ku coba tuk meniupmu karena kau kedinginan
Yeongicheoreom hayan yeongicheoreom
Seperti asap, seperti asap putih
Malloneun jiunda haedo
Aku bilang bahwa aku akan melupakanmu
Sasil nan ajik neol bonaeji motaneunde
Tapi sungguh, aku belum rela melepasmu 
Nunkkochi tteoreojyeoyo
Kepingan salju jatuh
Tto jogeumssik meoreojyeoyo
Jatuh sedikit lebih jauh
Bogo sipda
Aku ingin melihatmu
Bogo sipda
Aku ingin melihatmu
Bogo sipda
Aku ingin melihatmu
Bogo sipda
Aku ingin melihatmu
Eolmana gidaryeoya
Berapa lama aku harus menunggu
Tto myeot bameul deo saewoya
Berapa banyak malam aku harus terus terjaga
Neol boge doelkka
Untuk melihatmu
Neol boge doelkka
Untuk melihatmu
Mannage doelkka
Untuk bertemu denganu
Neol boge doelkka
Untuk bertemu denganmu


18

19

20

21

22

23
Nah mulai kesini scene di MV jalan ceritanya mulai twist nih, berawal dari abang yang duduk di atas gerbong kereta yang mencoba melupakan kenangan namun tak mampu juga. Dan scene selanjutnya sangat kontras, terlihat yang tadinya hanya sendirian di area komedi putar, dan tiba-tiba tulisan yang ada di komedi putar benar-benar terjadi "You Never Walk Alone". Tapi di gambar no. 20-23 si abang ini kenapa ya masih bingung lari kesana kemari. Si abang ini ternyata masih belum menemukan "kebahagiaannya". Lari melewati Omelas, lari meleati snowpiercer dan jreeeng... akhirnya bertemu dengan kawan yang lainnya.

REVIEW TO BE CONTINUE...
Besok dilanjut lagi ya.... soalnya sekarang udah jam 2 pagi ðŸ˜ī ane ngantuk!

*sengaja di post nya gk sampe selesai dulu, tapi tar di selesain ko...  (Ending MV ini bener twist, yg kalian baca dari awal bisa saja berubah ceritanya)


Terjemahan oleh mbbyks.com

Related Posts

Review Lagu Spring Day BTS
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Like the post above? Please subscribe to the latest posts directly via email.

Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>